Akmal malik bayar zakat

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Salurkan Zakat dan Dorong BAZNAS Lebih Proaktif

Benuanta.id – Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, menyerahkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kaltim dalam acara Kaltim Berzakat. Acara ini dihadiri oleh Sekda Kaltim Sri Wahyuni dan jajaran pejabat Pemprov Kaltim.

Akmal Malik mengingatkan pentingnya kewajiban berzakat sebagai wujud rasa syukur dan membersihkan harta. Ia juga mendorong BAZNAS Kaltim agar lebih proaktif dalam mengumpulkan zakat, terutama zakat mal dari para pejabat pemprov dan perusahaan.

“Potensi zakat kita besar. BAZNAS perlu melakukan konsolidasi kelembagaan dan tata kelola. Pemprov siap membantu. Kita himpun perusahaan yang punya IUP, OPD, dan mitra-mitra di bawahnya,” terang Akmal Malik.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kaltim Ahmad Nabhan menuturkan, penghimpunan dana zakat terus meningkat sejak 2021. Pada 2021, BAZNAS Kaltim berhasil mengumpulkan Rp 6,8 miliar, meningkat menjadi Rp 8,7 miliar di 2022, dan Rp 14,4 miliar di 2023.

“Target tahun 2024 ini adalah Rp 20 miliar. Mudah-mudahan dengan dukungan semua pihak, bisa tercapai,” ujar Ahmad Nabhan.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penyerahan BAZNAS Kaltim Awards dan penyerahan zakat, infaq, dan shodaqoh secara simbolis dari berbagai pihak.