00aa8032 salinan dari ukuran foto berita prolog 6 11 1536x864

Edukasi Seksual untuk Pelajar: Melawan Kekerasan Seksual dan Membangun Generasi Sehat Cerdas di Kaltim

Benuanta.id – Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim menggelar seminar bertajuk Edukasi Seks For Kids. Kegiatan ini menyasar para pelajar SMP dan SMA sederajat dengan tujuan mempersiapkan mereka sebagai agen perubahan dalam pencegahan kekerasan seksual.

“Seminar ini merupakan upaya kami untuk memberdayakan pelajar agar berani menjadi pelapor dan pelopor saat menghadapi kasus kekerasan seksual dan penyimpangan seksual,” jelas Junainah, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak.

Menurutnya, edukasi seks sangat penting bagi remaja yang rentan terhadap pengaruh pergaulan bebas dan memiliki rasa ingin tahu tinggi terkait seksualitas.

“Di Kaltim, kasus kekerasan seksual kerap terjadi di lingkungan sekitar anak-anak, bahkan pelakunya adalah orang terdekat. Oleh karena itu, kesadaran terhadap perilaku ini harus ditanamkan sejak dini,” tegas Junainah.

Kepala DKP3A Kaltim, Noryani Sorayalita, menambahkan bahwa Kaltim merupakan salah satu daerah dengan tingkat kekerasan seksual yang tinggi.

“Pemahaman terhadap anatomi dan kebutuhan reproduksi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, serta mengidentifikasi bentuk-bentuk kekerasan seksual baik secara fisik maupun melalui undang-undang,” ungkap Sorayalita.

Sorayalita berharap seminar ini dapat membentuk generasi penerus yang sehat dan cerdas. “Dengan pengetahuan yang mereka dapatkan, mereka dapat menjaga diri dan masyarakat dari dampak kekerasan seksual, dan mewujudkan masa depan Kaltim yang lebih baik,” tandasnya.