img 20240424 wa0032 scaled

Polresta Bulungan Bekuk Pelaku Curanmor antar Provinsi, Beraksi di Bulungan dan Berau

Polresta Bulungan berhasil mengungkap dan menangkap pelaku Curanmor yang beraksi di 33 lokasi di Bulungan dan Berau.

Kapolresta Bulungan, Kombes Pol Agus Nugraha, dalam press release yang digelar pada Rabu (24/4), menjelaskan bahwa kasus ini terungkap berawal dari laporan masyarakat tentang kehilangan kendaraan roda dua.

“Dari hasil penyelidikan, tim Sat Reskrim Polresta Bulungan mendapatkan informasi tentang seseorang yang menawarkan motor Honda Crf warna hitam,” jelas Kombes Pol Agus Nugraha.

Setelah dilakukan penyelidikan, motor tersebut ternyata adalah salah satu motor yang hilang di wilayah hukum Polresta Bulungan.

“Pelaku berinisial As (30) warga Tanjung Selor ini mengaku telah melakukan pencurian di 33 TKP, 10 di Bulungan dan 23 di Berau,” ungkap Kapolres.

Modus Operandi Pelaku

Pelaku melakukan aksinya dengan mengintai di tempat yang aman dan tanpa pengawasan CCTV. Setelah itu, pelaku mendorong motor dan merusak kontak motor untuk dibawa pergi.

“Pelaku juga menggunakan anak kunci yang telah dimodifikasi untuk merusak kontak motor tersebut dan dibawanya ke Malinau dan dijual dengan alasan tanpa surat,” jelas Kapolres.

Imbauan Kapolres

Kapolres mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah pencegahan guna menghindari kejadian pencurian sepeda motor.

“Gunakan sistem keamanan yang efektif, parkir di tempat aman, perhatikan lingkungan sekitar, amankan kendaraan dengan gembok tambahan, cari informasi dan berbagi tips keamanan, dan laporkan pencurian,” pesan Kapolres.

Pencapaian Polresta Bulungan

Polresta Bulungan berhasil mengamankan 3 pelaku Curanmor dan 25 unit motor hasil curian.

“Kami masih memburu satu pelaku lainnya yang berinisial AR,” ujar Kapolres.

Kapolres berharap dengan pengungkapan kasus ini dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat dan menjadi pembelajaran bagi para pelaku Curanmor lainnya.